Selasa, 19 Juli 2016



Tepatnya Jam 04:00 wib semua kelompok 11 KKN terbangun karena pada jam itu sudah waktunya kita mengantri kamar mandi untuk segera menunaikan ibadah sholat shubuh, setelah sholat subuh telah dilaksanakan para anggota kelompok yang kebagian piket memasak, belanja ke pasar dan bersih-bersih pada hari itu segera melaksanakan tugas mereka masing-masing dan sebagian yang tidak piket pada hari itu bersiap-siap untuk melakukan aktivitas program kerja  KKN. Jam 07: 00 wib sarapan makan pagi telah siap sehingga kami yang berjumlah 20 orang sarapan pagi bersama-sama dengan penuh rasa bersyukur kepada Allah SWT walaupun makan dengan menu seadanya tapi kebersamaanlah yang selalu kita utamakan sehingga walaupun demikian kita bisa merasakan kebahagiaan.

Jam 08:00 wib semua anggota kelompok KKN 11 segera melakukan program kerja kebetulan pada hari itu yakni tgl 19 juli 2016 program kerja kita adalah silaturahmi ke kepala dusun mornangka Ds. Pragaan Laok kec. Pragaan Kab. Sumenep dan pada waktu itu juga kegitan di pagi hari kita ada  tiga macam  yakni silaturahmi ke kepala dusun, Posyandu dan praktik program kerja utama atau unggulan kita yaitu Penyuluhan dan Pelatihan Pembuatan Produk Hasil Bumi Ds. Pragaan Laok kec. Pragaan Kab. Sumenep sebelum melakukan penyuluhan kita terlebih dahulu melakukan praktik pembuatan produk yaitu produk olahan selai kacang tanah, selai pisang, nungget kulit  pisang dan abon ikan tuna namun yang kita praktikkan dihari itu hanya dua produk yaitu pembuatan selai kacang dan abon ikan tuna. Anggota kelompok kami yang berjumlah 20 orang kita bagi menjadi 3 kelompok yaitu bagian silaturahmi, bagian bantu posyandu dan bagian praktik mengolah produk. Saya kebagian untuk melakukan praktik pengolahan produk yaitu sebagai koordinator dari program kerja utama, pada jam 07:00 saya dibantu oleh rekan saya untuk belanja ke pasar untuk pembelian kebutuhan bahan yang akan digunakan untuk pembuatan selai kacang tanah dan abon ikan tuna setelah pulang dari pasar tepatnya jam 08:00 wib saya langsung mempraktikkan pembuatan abon ikan tuna dan selai kacang tanah yang di bantu oleh tiga rekan saya di praktikkan pembuatan produk tersebut kita mengalami beberapa kendala salah satunya ada beberapa bahan baku yang sulit kita dapatkan seperti minyak sayur yang pada akhir kemudian kita ganti dengan minyak wijen. Tepatnya jam 12:00 kita sudah selesai mempraktikkan dua macam produk dengan penuh semangat dan perjuangan walaupun kita sangat lelah karna di hari itu keguatan kita sangat penuh dan banyak sehingga tidak ada waktu bagi kami untuk beristirahat hanya saja ada wakyu istirahat pada jam sholat dan makan.
Setelah jam sholat dan jama’ah kita langsung melakukan kegiatan yang selanjutnya lagi dengan silaturahmi sekaligus sosialisasi dengan pemilik madrasah AFIFFIYAH dan pada waktu itu bagian kelompok yang kebagian mengajar mengaji dan belajar kelompok di surau AFIFFIYAH langsung sholat berjama’ah disana dan sebagian yang mengajar di masjid lain langsung berangkat ke tempat  yang telah ditentukan. Pengalaman yang diperoleh saat belajar ngaji sangatlah banyak karena kita langsung berkecimpung dengan anak-anak kecil.
Jam 20:00 wib kita selesai mengajar sehingga sesampai di posko kita langsung makan malam dan pada jam 21:00 – 22: wib kita melakukan rapat evaluasi dan pada akhirnya kita selesai beraktifitas pada jam 22:30 wib dan pada waktu itu pula kita beristirahat bersama karena sudah jam tidur/istirahat.





Comments

Popular Posts