Senin, 18 Juni 2016



Suara adzan disertai dengan gerimis di pagi ini membangunkan teman-teman KKN kel. 11 untuk melaksanakan shalat shubuh, sebelum shalat shubuh seperti biasa teman-teman bergegas untuk mengantri terlebih dahulu ke kamar mandi untuk berwudlu ataupun mandi. Pada hari ini kelompok 11 memiliki agenda antara lain:
1.      Sosialisasi program kerja
2.      Praktik produk unggulan (selai pisang dan nugget kulit pisang)
3.      Silaturahmi ke masyarakat sekitar
Hari ini merupakan hari pertama kegiatan resmi, dikarenakan sebelumnya kegiatan yang dilakukan adalah survei dan silaturahmi ke-6 Kepala Dusun di Desa Pragaan Laok. Pada pukul 07.00 tepat, teman-teman KKN bersiap-siap untuk melaksanakan sosialisasi program kerja yang bertempat di Balai Desa, dan sie. Perlengkapan berangkat lebih dahulu ke Balai Desa untuk menyiapkan seegala peralatan dan kebutuhan yang dibutuhkan guna suksesnya acara sosialisasi ini. Sebelum berangkat ke Balai Desa kami mengadakan breafing terlebih dahulu yang dipimpin oleh Andika selaku PJ kegiatan ini, gunanya agar kegiatan dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.
Setelah melaksanakan breafing, tiap-tiap sie melaksanakan tugas sebagaimana yang telah ditentukan sebelumnya. Dan pada pukul 08.00 semua panitia (teman-teman KKN) berangkat ke Balai Desa. Setelah semuanya siap satu-persatu tamu undangan ataupun perangkat Desa mulai datang ke Balai. Tepatnya pada pukul 09.00 acara sosialisasi program kerja dimulai, akan tetapi bapak Kepala Desa Pragaan Laok yaitu Imam Mahdi berhalangan hadir dikarenakan ada tugas dinas ke Surabaya. Sehingga sebagai pengganti dalam memberi sambutan dilakukan oleh bapak ketua BPD yaitu Rasyidi. Dalam acara sosialisasi program kerja ini ada beberapa sesi diantaranya: pembukaan, sambutan, pemaparan program kerja, sesi tanya jawab dan penutup disertai dengan do’a.
Pada sesi pemaparan program kerja yang dibacakan oleh kordes kel. 11 yaitu M. Sajid kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, ada beberapa saran yang dismpaikan dari bapak-bapak perangkat desa yaitu agar program kerja belajar kelompok dilaksanakan pada tiap Dusun di Desa Pragaan Laok. Dan sosialisasi ini berakhir pada jam 11.30 yang ditutup dengan doa. Selanjutnya kami mengadakan foto bersama dengan seluruh tamu undangan dan perangkat desa. Selanjutnya sebagian dari anggota latihan pembuatan produk unggulan yaitu selai pisang dan nugget kulit pisang, kegitan pembuatan produk unggulan berakhir sampai jam 13.00 dan selanjutnya ISHOMA. Pada jam 14.00 kami bersilaturahmi ke masyarakat di sekitar rumah bapak Kepala Desa, pada jam 17.30-20.00 kami melaksanakan sholat berjamaah dan belajar kelompok di masjid/surau dengan masyarakat dan anak-anak yang mengaji di masjid. Setelah pulang dari masjid kami makan malam dan mengadakan rapat evaluasi kegiatan guna membahas kurang lebihnya dari  kegiatan yang telah dilaksanakan di pagi hari tadi serta membahas kegiatan yang akan dilaksanakan untuk keesokan harinya.





Comments

Popular Posts