PROFIL DESA PRAGAAN LAOK



DESA PRAGAAN LAOK
KECAMATAN PRAGAAN
KABUPATEN SUMENEP

Nama Desa                       : Desa Pragaan Laok
Jumlah Dusun                   : 1. Aeng Soka
2. Marronggi Laok
3. Marroggi Daya
4. Dung Laok
5. Dung Dayah
6. Mornangkah
Gambaran Umum               : Desa Pragaan Laok terletak berjejeran dengan desa Prenduan dilintasi oleh jalur transportasi darat yang menghubungkan Kota-kota di Madura dengan Kota lain di seluruh Jawa mulai Banyuwangi, Surabaya sampai ke Jakarta. Di sebelah Timur berbatasan dengan Desa Prenduan, sebelah Selatan dengan Selat Madura, sebelah Barat dengan Desa Jaddung dan sebelah Utara berbatasan dengan Pragaan Daya. Desa Pragaan Laok merupakan desa yang mulai tumbuh ramai akibat perkembangan desa Prenduan yang makin ramai. Terutama sejak tahun 1970-an sejak kepindahan keluarga H. Fathorrahman seorang saudagar yang sukses dan seluruh keluarganya ke desa ini. Beberapa infrasruktur Kecamatan yang semula terletak di Desa Prenduan kini dipindahkan ke Desa ini. Hampir semua kantor pemerintahan ada di desa ini. Pertama adalah Pasar Desa Prenduan, Kantor Kecamatan, Kantor Koramil, Kantor Dinas Pendidikan, KUA, Puskesmas dan Kantor Urusan Agama. Penanda desa yang paling menyolok sejak zaman dahulu adalah terdapatnya makam tua di pinggir jalan provinsi yang berupa gundukan tanah yang cukup tinggi dan Pohon asam tua yang sangat besar. Dahulu desa ini terkenal angker. Di desa ini juga terdapat sekolah dasar yang sudah tua sejak masa pemerintahan Belanda sampai kini masih terlihat kokoh yaitu SDN Pragaan Laok I dan telah meluluskan banyak pemuda desa yang telah berhasil dalam berbagai bidang. Selain itu di desa ini juga terdapat pondok pesantren yang terkenal yaitu Al-Amien putera dan puteri tepatnya di Dusun Mornangka sekalipun banyak orang lebih sering menyebut Al-Amien terletak di desa Prenduan. Mata pencaharian masyarakat Desa Pragaan Laok adalah petani, pedagang, petani garam dan petani tembakau merupakan andalan produk petani di desa ini.

Kondisi Geografis              : Desa Pragaan Laok terletak di titik koordinat 1103º6462’ BT dan 7º1114’ LU. Dengan Topografi pada ketinggian 0 – 35 meter dari permukaan air laut. Dengan kemiringan < 3% sebanyak 223 Ha dan berombak dengan kemiringan 3,1 – 15% sebanyak 25 Ha.

Musim                             : Desa Pragaan Laok terdiri dari dua musim. Yaitu hujan ( antara November – April) dan kemarau ( antara April – November).

Batas Administrasi Desa    : 1. Utara à Pragaan Daya
2. Timur à Prenduan
3. Selatan à Selat Madura
4. Barat à Desa Jaddung

Tata Guna Lahan Desa        :
No
Tata Guna Lahan
Luas (Ha)
1
Fasilitas Umum
17,85
2
Bangunan Umum
0,26
3
Pemakaman Umum
6,50
4
Pertanian Lahan Sawah
30,00
5
Pertanian Ladang Atau Tegalan
214,89
6
Hutan Rakyat
5,00
7
Tambak Udang Dan Garam
38,00
8
Pemukiman
49,50
9
Pegunungan
45,00
Jumlah
407,00



Perekonomian Desa            :
No
Unit Usaha
Jumlah (Unit/Kelompok)
1
Pasar
1 Unit
2
Pertokoan
121 Kelompok
3
Koperasi Simpan Pinjam
12 Kelompok
4
Usahan Moebel
8 Unit
5
Kelompok Simpan Pinjam
7 Kelompok
6
Usaha Tambak
60 Unit
7
Usaha Angkutan
45 Unit
8
Industri Rumah Tangga/Jahit/Moebel
12 Unit
9
Perdagangan Kios/Warung
58 Unit
10
Kelompok Tani
6 Kelompok
11
Kelompok Perikanan
35 Kelompok
12
Usaha Jasa Service Sepedah Motor
6 Unit
13
Usaha Jasa Service Elektronika
7 Unit
14
Badan Usaha Milik Desa/Bumdes
1 Unit
Jumlah
248 Unit

Comments

Popular Posts